Kekhawatiran Yang Berlebihan Cerita Rakyat dari Cina

Kekhawatiran Yang Berlebihan Cerita Rakyat dari Cina

Ada seorang pemuda yang sedang duduk. Wajahnya tampak ketakutan. Ia embayangkan jika langit akan runtuh, lalu bagaimana ia akan menyelamatkan diri.

“Bagatmana Ini? Aku harus lari ke mana jika langit runtuh.” guman pemuda itu. Wajahnya tampak ketakutan.

Setiap hari pemuda itu selalu memikirkan tentang langit runtuh. Nafsu makannya jadi berkurang. Saat malam tiba, ia pun tak bisa tidur dengan nyenyak. Ia takut jika tiba-tiba langit akan benar-benar runtuh.

Alhasil pemuda itu menjadi kurus. Kerjanya setiap hari hanya memandangi langit. Ia duduk di teras rumahnya dengan wajah ketakutan. Tiba-tiba temannya lewat.

"Kenapa kau terlihat ketakutan seperti itu?" tanya sang teman.” Apa kau sedang tak enak badan?"

"Aku takut, bagaimana kalau langit itu runtuh. Mau lari ke mana aku ini," ucap pemuda

"Langit tak akan runtuh. Dari zaman dahulu juga belum ada sejarahnya langit itu runtuh," ucap temannya.

Benar juga apa yang dikatakan oleh temannya. Jadi ia tak perlu lagi ketakutan perihal langit runtuh. Tetapi ia masih memikirkan hal yang aneh. Sekarang malah ia memikirkan tentang bumi yang hancur.

"Kau benar, langit tak akan runtuh. Lalu bagaimana jika bumi hancur?" tanya si pemuda.

Temannya mengembuskan napas. Kenapa pemuda itu harus memikirkan hal-hal yang tak penting. Masih banyak hal lain yang harus dipikirkan.

"Apakah kau pernah dengar bumi runtuh? Dari nenek moyang kita dulu, belum pernah terjadi bumi runtuh. Bumi itu terbuat dait tanah yang sama sekali tak bersela, mana mungkin bisa runtuh," ucap temannya.

Pemuda itu lalu tersenyum dan membenarkan perkataan temannya. Pemuda itu memang selalu memikirkan hal-hal yang tak penting.

Pesan moral dari Dongeng Kekhawatiran Yang Berlebihan Cerita Rakyat dari Cinaadalah jangan selalu memikirkan hal-hal yang hanya akan merugikan diri sendiri. Masih banyak hal penting yang harus dikerjakan
Share on Google Plus

About Black Widow

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Che Muetz. Diberdayakan oleh Blogger.